CONTOH RPPH TEMA ALAM SEMESTA SUBTEMA PELANGI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TK CEMPAKA TAHUN
AJARAN 2021/2022
DESA MOJOAGUNG
KEC. PUCAKWANGI
Semester / Minggu / Hari ke : II /17/1
Hari/tanggal :
Kelompok usia : 4 – 5 Tahun
Tema / subtema / sub subtema : Alam
Semesta / Gejala Alam / Pelangi
Materi
Kegiatan :
1. Mengenal
pelangi ciptaan Allah swt
2. Mengenalkan
sebab-sebab terjadinya pelangi
3. Mengenalkan
warna-warna pelangi
4. Melakukan
percobaan sains sederhana
5. Menyanyikan
lagu pelangi
Metode
Pembelajaran : Tanya jawab, Bercakap-cakap,
demonstrasi, pemberian tugas
Materi
Pembiasaan :
1. Berbaris
sebelum masuk kelas
2. Mencuci
tangan sebelum masuk kelas
3. Mengucapkan
salam
4. Berdoa
sebelum belajar
Alat
dan bahan : Gambar
pelangi, krayon/pensil warna, kartu
huruf, lem, puzzle gambar pelangi, gelas kaca, minyak goreng, air, madu, pewarna (merah,
biru, kuning), sendok
A.
KEGIATAN
PEMBUKA
1.
Penerapan SOP Pembukaan
a.
Guru mengucapkan salam dan anak menjawab
salam
b.
Guru dan anak berdo’a dan membaca suroh
pendek sebelum melakukan kegiatan pembelajaran
c.
Guru bertanya kabar dan anak menjawab
d.
Guru melakukan Presensi
2.
Guru melakukan Apersepsi
3.
Guru mengajak anak menyanyi lagu yang
berjudul ’’pelangi’’
4.
Guru bercakap- cakap dan berdiskusi
tentang siapa yang menciptakan pelangi dan bagaimana cara bersyukur atas
ciptaan Tuhan yang sangat indah
5.
Guru bercakap- cakap dan menjelaskan
tentang kegiatan yang akan dilakukan hari ini.
B.
KEGIATAN
INTI
1.
Anak mewarnai gambar pelangi
2.
Anak menyusun kartu huruf menjadi kata
“pelangi”
3.
Anak bermain puzzle pelangi
4.
Anak membuat pelangi dalam gelas kaca
C.
KEGIATAN
PENUTUP
1.
Recalling
2.
Guru menanyakan perasaan anak hari ini
3.
Anak menunjukkan dan menceritakan hasil
karya
4.
Penguatan Pengetahuan yang didapat oleh
anak
5.
Berdoa selesai belajar
D.
RENCANA
PENILAIAN
1.
Indikator
Capaian
Aspek Pengembangan |
Indikator |
Kompetensi Yang Dicapai |
NAM |
1.1.5. Mengenal
gejala alam |
Mensyukuri pelangi ciptaan Allah |
|
1.2.2.
Terbiasa mengucap rasa syukur terhadap ciptaan Tuhan |
|
FISIK MOTORIK |
3.3.1. Melakukan
berbagai kegiatan motoric kasar dan halus yang seimbang terkontrol dan lincah |
Dapat menyusun puzzle pelangi |
KOGNITIF |
3.8.7.
Melakukan berbagai percobaan yang bersifat sains |
Mampu melakukan percobaan membuat
pelangi dalam gelas |
BAHASA |
3.12.5.
Mengenal arti kata dari gabungan beberapa huruf vocal dan konsonan |
Dapat menyusun kartu huruf “pelangi” |
SOSEM |
2.5.1. Mampu
mengerjakan tugas mandiri |
Mampu mewarnai gambar pelangi tanpa
bantuan |
SENI |
2.4.6.
Menyanyikan beberapa lagu anak-anak |
Menyanyikan lagu “pelangi” |
2.
Teknik
Penilaian
a.
Catatan hasil karya
b.
Catatan anekdot
c.
Skala capaian perkembangan (rating
scale/Cek List)
Mengetahui, Mojoagung,
…………..
Kepala Sekolah Guru
Kelas
ISTIQOMAH, S.Pd SRI RAHAYU
Tidak ada komentar:
Posting Komentar